Cara Memilih dan Membersihkan Seafood  

Posted by: Priyanka Kusuma Wardhani in ,

akhir-akhir ini, aku seneng banget masak. Mungkin gara-gara aku mau kuliah dan pastinya jauh dari Mama. Jadi, harus belajar mask deh. Harus ada kemajuan ! Masa' dari dulu cuma pinter masak... air sama masak mie instan. Notok Jedog ya Nasi goreng. hehe


Walaupun hasilnya gak seenak masakan koki terhebatku => MAMA. Tapi pernah suatu resep yang aku bikin iseng-iseng hasilnya amat memuaskan lho. Malah lebih enak bikinanku daripada bikinannya Mama. horeee #bangga !

And, Finally ! This is my first post about cooking . it's about seafood, and actually, i love seafood so much.
Oke deh, buat yang hobi masak seafood aku kasih cara-cara pilih-pilih dan bersihkan seafood. Jadi, gak cuma bisa makan ya, harus bisa masak juga. hehe

PENTING !! Postingan ini aku kutip dari buku yang aku pinjem dari Perpustakaan Umum Jombang "Mastrip". Judulnya Aneka Hidangan Seafood. Dikarang sama Bu Yuni Pradata. Diterbitkan oleh PT AgroMedia Pustaka.

  • Cara Memilih dan Membersihkan Cumi-Cumi
  1. Kita harus memilih cumi yang masih fresh, dagingnya kenyal, dan gak bau. Kesimpulan sedikit dari sini adalah : Setiap hal yang baunya busuk tidak disukai orang. #abaikan #gakpenting
  2. Jadi dipunggung cumi kan ada "tulang". Kenapa aku beri tanda kutip : karena cumi adalah Invertebrata. Filum Molusca, Kelas Cephalopoda (Cephal : kepala, Podos : Kaki. "Kaki di kepala" kayak lagunya PeterPan). "Tulang"nya itu ditarik jangan sampai putus !
  3. Di kepala cumi ada bagian yang keras. Nah, bagian itu ditekan perlahan-lahan sampai keluar dan buang.
  4. Ini agak sadis ! Lepaskan kepalanya!! seyemm #lebay. Trus buang kantong tinta dan kantong kotoran. Kalo kepalanya pengen tetep bersatu dengan badannya, bisa disemat pake lidi, kok.

Cumi-Cumi *gambar ini aku minta dari Mbah Google... makacih mbah *

  • Cara Membersihkan Udang
  1. Udang yang masih segar punya ciri : kulitnya masih keras, menempel di badannya, tidak lembek, warnanya masih segar, tidak berbau busuk (tuh kan, yang bau busuk selalu dibenci !)
  2. Biar kulit udang gampang dikelupas, udang direndam dulu dalam air yang uda ditambah beberapa tetes cuka.
  3. Bersihkan punggung udang dengan cara membelahnya dan buang kotorannya.
  4. Biar udang lebih awet, kupas aja kulitnya serta lepas bagian kepala dan kakinya. Bagian ekornya boleh disisakan, kok. Jika dimasak, ciri udang yang sudah masak akan berbentuk huruf C. Tapi, kalo udang berbentuk huruf O, itu tandanya uda terlalu masak, rasanya juga akan alot dan keras
 Udang *dan gambar ini juga aku minta dari Mbah Google*

  • Cara Membersihkan Kerang
  1. Kalo kerang masih berada dalam cangkangnya, masukkan ke dalam air mendidih dan rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan. Daging Kerang akan lebih mudah dikupas dari cangkangnya.
  2. Jika kerang udah dikupas dari cangkangnya, bersihkan bagian pembuangannya dan kotorannya.
  3. Biar wanginya sedep, rebus kembali kerang selama 5 menit dicampur dengan lengkuas dan daun salam, tiriskan.
Kerang *diambil dai Mbah Google*

  • Cara Membersihkan Bawal dan Tuna
  1. Daging Tuna bisa dibeli dalam keadaan bersih. Kita tinggal merendamnya dengan air jeruk nipis agar daging tuna lebih kesat dan gak amis
  2. Bersihkan sisik bawal, buang insangnya dan isi perutnya (agak sadis), lalu cuci di bawah air mengalir (di bawah air terjun asik juga kayaknya)
  3. Trus bawal direndam sama air jeruk nipis.
 Tips : mendapatkan air jeruk nipis yang banyak bisa dilakukan dengan cara merendam jeruk nipis dulu dalam air panas selama 15 menit.




Daging Ikan Tuna *gambar ini dikasih sama mbah Google juga*

  • Cara Membersihkan Rajungan
  1. Jika Rajungan masih dalam keadaan hisup, siram dengan air mendidih. INGAT !! JANGAN DIPUKUL PAKE BENDA KERAS ! Haram dalam agama Islam sobat !
  2. bersihkan bagian pembuangannya.
  3. Buka cangkangnya, buang insangnya.
  4. bagian yang aling penting dari keseluruhan proses-proses diatas adalah : SELESAI !
Rajungan *dan lagi-lagi saya meminta kepada Mbah Google*

Nah, itu tadi sedikit Tips-Trik piih-pilih dan membersihkan seafood sebelum dimasak. Silahkan di coba sendiri ya sobat. Kalo ada yang punya tips ato trik lainnya tolong di share ya. Kasih tau aku juga. ;)





This entry was posted on Jumat, Juni 10, 2011 and is filed under , . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar