Ternyata..Nyamuk Gak Makan Darah!  

Posted by: Priyanka Kusuma Wardhani in

ann coming..
kali ini aku mau bagi-bagi ilmu
yah .
semoga bermanfaat aja lah..
eN sekalian cari pahala.. :S

gini loh kauwand .
beberapa hari yang lalu
papah ku ~yang emang langganan majalah islam~dapat kiriman majalah itu..~secara emang dapatnya rutin tiap bulan..~
pas lagi baca-baca..aku nemu artikel tentang nyamuk..
menarik bangedz .!
penasaran...???????
lanjutin aja bacanya...

nih special aku kutip dari majalah itu...
~dengan sedikit perubahan pastinya...tapii...intinya tetep sama kug...~


.....
Nyamuk yang kita kira selama ini mengisap darah untuk makan ternyata tidaklah benar, lho. sebab, tidak semua nyamuk menghisap darah. hanya nyamuk betina saja yang menyedot darah mangsanya. dan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan makan. Sebab, pada kenyataanya, BAIK JANTAN MAUPUN BETINA MAKAN CAIRAN NEKTAR BUNGA.

Terus, kenapa hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah? sebab nyamuk betina memberi nutrisi pada telurnya. telur-telur nyamuk memberi nutrisi pada telurnya. telur-telur nyamuk membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk berkembang. singkat kata, nyamuk betina menyedot darah hanya untuk menjaga kelangsungan hidup generasi barunya.

Fase perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa sangat menakjubkan.telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembab atau kolam yang kering. Pemilihan tempat ini dilakukan oleh induk nyamuk dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. setelah tempat ditemukan, induk nyamuk mulai mengerami telurnya. telur-telur itu panjangnya kurang dari 1 mm, disusun secara bergaris, baik dalam kelompok maupun satu persatu. beberapa species nyamuk meletakkan telur0telurnya saling menggabung membentuk suatu rakit yang bisa terdiri dari 300 telur.

selesai itu, telur berada pada masa periode inkubasi (pengeraman). pada periode ini, inkubasi sempurna terjadi pada musim dingin. selesai setelah itu larva mulai keluar dari telurnya semua hampir dalam waktu yang sama. sampai siklus pertumbuhan ini selesai secara keseluruhan, larva nyamuk akan berubah kulitnya sebanyak 2 kali.

Selesai berganti kulit, nyamuk berada pada fase transisi. fase ini dinamakan "fase pupa". pada fase ini, nyamuk sangat rentan terhadap kebocoran pupa. nah, agar tetap bertahan, seblum pupa siap untuk perubahan kulit yang terakhir kalinya, 2 pipa nyamuk muncul ke atas air. pipa itu digunakan untuk alat pernafasan

sekarang nyamuk dalam kepompong pupa cukup dewasa dan siap terbang dengan semua organnya seperti antenaa, belalai, kaki, dada, sayap, perut, dan mata besar yang menutupi sebagian besar kepalanya. lalu kepompong pupa disobek di atas. tingkat ketika nyamuk yang telah lengkap muncul ini adalah tingkat yang paling membahayakan.

nyamuk harus keluar dari air tanpa kontak langsung dengan air, sehingga hanya kakinyalah menyentuh permukaan air.kecepatan ini sangatlah penting, meskipun angin tipispun dapat menyebabkan kematiannya. akhirnya, nyamuk tinggal landas untuk penerbangan perdananya setelah istirahat sekitar setengah jam.

......




that's enough.
yah, engga nyangka, ternyata nyamuk engga makan darah..
wuih .
selama ini kita suudzon donks..hahhaa :D
ALLAHUAKBAR
alam ini ternyata punya sejuta rahasia yang belom terungkap .

moga bermanfaat .

~ :z ~









This entry was posted on Jumat, November 14, 2008 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

2 komentar

Jadi. . .
Kasian ya kLo dia lg Ngisep darah Qt, tRus dtabokin
Pan dia lg hamil
hhoho
hehehehe..

Hiks

Ya iyalah dia gak makan darah tapi mengisap darah...kan dia gak punya mulut..punyanya probosis atau penghisap..seperti kupu2 tapi punya alat u menyuntik...kalau dia makan darah..iiidddiiih menakutkan lagi...bisa2 kulit kita di gigitin dulu biar darahnya keluar kemudian di makan...he..he...

Posting Komentar